Jaringan multi kanal yang menyediakan konten tulisan, gambar, serta video tentang perkembangan teknologi, budaya, dan hiburan yang kini terus berevolusi.

Halaman ini menceritakan tentang kelahiran dan bagaimana situs web siluman yang terus berganti nama bisa tetap bertahan ditengah ketatnya persaingan dunia online.

Cerita Saturuang

Pendiri dari Saturuang Network Agistiadi Nugraha dan Karyana Yandi adalah sesama penyuka coding yang bertemu di warnet 2011 silam

Sebelum Saturuang Network bisa menjadi seperti sekarang ini, Saturuang sering sekali mengalami perubahan nama dan konsep karena keplinplanan pendirinya.

Juli, 2011

Awal Mula

Karyana Yandi awalnya hanya siswa Tsanawiyah biasa yang suka bermain game online di warnet.

Suatu saat, dia melihat Agistiadi Nugraha, kakak kelasnya sedang membuat situs web download. Diapun berpikir bahwa hal tersebut keren dan meminta Agistiadi untuk mengajarinya membuat situs web.

Juli, 2011
2011 – 2012

Mengenal Apa itu Web?

Dengan terpaksa Agis mengajari Yandi membuat web dan dalam 1 tahun yang sebelumnya mereka hanya menguasai html lalu melangkah belajar CMS bernama JohnCMS yang saat itu sedang trending.

Asalnya coding hanyalah sebuah hobi bagi mereka tetapi seiring berjalannya waktu mereka mulai berpikir untuk menciptakan suatu karya yang berguna.

2011 – 2012
2012 – 2013

Perbedaan Pandangan

Dari awal Yandi dan Agis sebenarnya tidak bekerja sama. Mereka hanya bersama mengeksplor dunia perkodingan yang sangat susah dicari di lingkungan kampung tempat mereka tinggal.

Agis hanya ingin membuat aplikasi desktop dan Yandi yang ingin membuat platform sosial tempat pelarian manusia no life akhirnya melangkah di jalan masing – masing setelah mereka merasa puas dengan apa yang didapat di warnet.

2012 – 2013
2013

Konsep Web Mulai Terpikirkan

Di tahun ini Yandi mulai serius dalam membuat web. Dia membuat web bernama Onespace yang menjadi cikal bakal Saturuang. (Yaa cuman ditranslate)

Onespace ini merupakan web forum dan sedikit semi sosial media karena ada fitur untuk membuat status layaknya facebook (tapi jelek).

Situs ini dibuat menjadi tugas presentasi rencana masa depan yang menjadi syarat kelulusan di Tsanawiyah.

Yang awalnya cuman iseng ternyata ada beberapa siswa dan guru yang tertarik. Dan karena hal ini lah situs yang dibuat dengan hosting gratisan kebanjiran pengunjung dan akhirnya disuspend oleh 000webhost.

2013
2014 – Awal 2015

Rehat dan Mengeksplor Hal Baru

Di tahun ini Agis dan Yandi bertemu lagi, bukan dalam hal coding tapi mereka ditugaskan untuk menjadi penunggu lab komputer sekolah yang direntalkan setelah berakhirnya jam pelajaran.

Sebenarnya mereka berdua mencoba hal baru membuat blog bernama Teknoty tetapi tidak satupun tulisan diposting karena kesibukan mengurus lab komputer dan mencari cinta.

Akhirnya mereka rehat dari dunia perkodingan karena banyaknya hal terjadi.

Yandi fokus bermain game online dan menambah pengetahuan di jalan kewibuan yang mulai dia tempuh sejak 2011. Sedangkan Agis lebih fokus memperdalam ilmu agamanya.

2014 – Awal 2015
2015

Awal yang Baru

Setelah berjalan beberapa bulan, lab komputer ditutup untuk umum karena suatu hal.

Agis yang sudah lulus Aliyah mencoba berkarir menjadi guru di Madrasah Ibtidaiyah.

Di tengah karirnya tanpa disengaja dia bertemu lagi dengan Yandi dan setelah lebih dari 1 tahun rehat mereka ingin mencoba membuat situs baru.

Dari tahun ini mereka tidak melangkah di jalan masing-masing tetapi bekerja sama karena pada dasarnya mereka memiliki latar belakang dan tujuan yang sama.

Di tahun ini situs baru berkonsep forum yang bernama Ramekeunweb lahir.

Tapi .. sebelum resmi diluncurkan Ramekeunweb akhirnya berganti nama menjadi Saturuang.

2015
2016 – Akhir 2017

Proses Pembangunan

Selama lebih dari 1 tahun Saturuang yang berkonsep forum dibangun oleh mereka berdua sambil terus menambah pengetahun tentang coding. Yandi lebih fokus dibagian backend sedangkan Agis yang membuat tampilan mukanya.

Yandi yang saat itu berstatus sebagai pelajar di tahun akhir masa Aliyahnya hanya memiliki uang jajan Rp. 15.000 perhari tidak sanggup untuk membiayai server web dan akhirnya Agis yang saat itu bekerja di sebuah toko membiayai Saturuang yang belum jadi seorang diri.

2016 – Akhir 2017
Akhir 2017 – Awal 2018

Tidak Berjalan Seperti yang Diinginkan

Forum Saturuang yang dibuat bertahun-tahun ternyata jauh dari espektasi.

Setelah beberapa bulan diluncurkan tidak ada satupun orang yang mendaftar dan hanya menghabiskan uang saja.

Karena pada saat itu kondisi keuangan kedua pendiri tidak memadai, Yandi mencoba peruntungan dengan bekerja di restoran selama 4 bulan.

Dan selama 4 bulan itu Yandi terus memikirkan semua kesalahan yang terjadi pada Forum Saturuang sementara Agis fokus bekerja terlebih dahulu di toko.

Akhir 2017 – Awal 2018
Februari 2018

Perubahan Konsep dan Tidak Kapok

Walaupun banyak hal yang terjadi selama beberapa tahun terakhir tidak membuat Yandi dan Agis kapok dalam membuat website.

Setelah 4 bulan rehat dan fokus bekerja mengumpulkan uang untuk proyek selanjutnya mereka menyadari ternyata bukan hanya kemampuan coding yang penting dalam membuat website tepai banyak faktor lain seperti marketing, copy writting, SEO dan hal lainnya yang tidak pernah mereka terapkan sebelumnya.

Setelah Yandi keluar dari pekerjaannya, mereka mencoba kembali membuat website tapi dengan konsep yang berbeda.

Selagi engine Saturuang terus dikembangkan, Saturuang berubah menjadi yang awalnya sebuah forum menjadi blog dengan CMS WordPress yang membahas tentang pop culture.

Kenapa pop culture? karena dari awal pendiri Saturuang merupakan penyuka anime, game, film, drama korea dan konten pop kultur lainnya.

Februari 2018
Juli 2018

Merubah Nama Situs

Karena Saturuang dari awal memang disiapkan bukan untuk menjadi blog maka pada bulan Februari 2018 namanya dirumah menjadi Sekarang Media beserta dengan domainnya.

Sementara Saturuang diubah menjadi nama instansi yang menjalankan Sekarang Media sembari menuntaskan proses pembuatan engine nya.

Juli 2018
21 Oktober 2018

Namanya Berubah Lagi

Karena tidak merasa cocok dengan nama Sekarang Media, akhirnya berubah lagi namanya menjadi Nisomnia.

Nisomnia adalah kata plesetan dari Insomnia. Sebuah penyakit yang susah sekali untuk tidur.

Sebenarnya pendiri Saturuang Network tidak menderita Nisomnia. Tapi, karena mereka jarang tidur di malam hari dan merasa lebih nyaman tidur di siang hari akhirnya proyek web yang mereka kerjakan diberi nama Nisomnia

21 Oktober 2018
Maret 2019

Nisomnia Hiatus

Sebenarnya Nisomnia berjalan dengan baik tidak seperti pendahulunya yang sering kali gagal.

Akan tetapi ternyata biaya server terus naik seiring bertambahnya pengunjung.

Agar Nisomnia tidak ditutup seperti pendahulunya, Agis berjualan di marketplace dan Yandi menjadi Freelancer juga mengerjakan engine Saturuang yang terus tertunda agar bisa terus membayar sewa server.

Alhamdulillah Nisomnia tidak ditutup tapi dengan terpaksa postingannya tidak diperbaharui.

Maret 2019
November 2019

Lahirnya Keluarga Baru dan Kebangkitan Nisomnia

Setelah beberapa bulan Nisomnia ditelantarkan, Agis dan Yandi telah memiliki modal yang cukup untuk membuat Nisomnia terus bertahan.

Bukan hanya itu saja, Saturuang Network juga kedatangan keluarga baru yakni GadgetPlus.id yang awalnya direncanakan akan diluncurkan setahun yang lalu namun terhambat karena banyaknya hal yang harus dikerjakan.

GadgetPlus.id ini lebih terfokus membahas semua hal yang berbau gadget dan teknologi.

November 2019
Awal 2020

Saturuang Network Siap Berlayar

Setelah mengalami perjalanan yang sangat panjang, akhirnya di tahun 2020 Saturuang Network akan diberlayar kembali bersama Nisomnia dan GadgetPlus.

Saturuang akan hadir dengan konsep yang berbeda. Mulai dari Saturuang Konten yang menjadi tempat untuk semua orang saling berbagi pengetahuan, tips, dan konten lainnya dalam bentuk tulisan, galeri, kuis dan konten lainnya.

Awal 2020
Kedepannya

Rencana

Sekarang Saturuang alhamdulillah bisa dijalankan dengan fokus tanpa harus memikirkan proyek ataupun hal lain.

Setelah peluncuran Saturuang Konten, rencananya beberapa bulan kedepan kami akan merubah engine WordPress yang dipakai selama dua tahun terakhir dengan engine yang telah kami buat.

Selain itu, Saturuang juga akan menghadirkan inovasi baru yang belum pernah dihadirkan sebelumnya.

Kedepannya
Back to Top